Interface Adobe Flash CS6
Lebih Jauh Mengenal Interface Adobe Flash CS6
Maraknya tutorial di internet semakin memudahkan kita untuk mendapatkan ilmu, namun sayang seribu sayang kadang tutorial yang dimuat itu kurang lengkap, atau hanya sebatas membahas kasus cara membuat inilah... cara membuat itulah. pokoknya begitulah. Tidak dibahas secara detail, tapi kalaupun ada yang versi lengkapnya itu berasal dari luar negeri, dan tutorialnya biasanya berbahasa inggris. Maklum bagi saya yang kemampuan bahasa inggrisnya kurang begitu bagus agak sulit untuk memahaminya.Nah! untuk itu Saya akan mencoba berbagi ilmu kepada Anda semua... Eit bukan berarti ilmu saya banyak tapi kita sama-sama belajar saja...
Sekarang langsung saja pada intinya...
Baik! di sini saya akan berbagi tutorial Adobe Flash. Kedepannya saya akan kupas tuntas..tas..tas mengenai Adobe Flash mulai dari dasar hingga expert, begitulah...
Apa Sih Adobe Flash ?
Adobe Flash merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah animasi 2D. Animasi yang bisa dibuat dengan adobe flash itu banyak sekali, Anda bisa membuat film animasi 2D, media pembelajaran, company profile, website berbasis flash, banner ads, bahkan anda juga dapat membuat game dengan menggunakan adobe flash ini.Mengenal Interface dari Adobe Flash.
Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak tahu, kalau tidak kenal maka harus kenalan dulu, supaya tahu. Untuk mudah dalam mempelajari adobe flash tidak bisa dipungkiri Anda harus mengenal terlebih dahulu interfacenya, agar kedepannya mudah untuk memahaminya, dan betul-betul tahu fungsi-fungsi dari area kerja adobe flash itu sendiri.Nah bisa anda lihat gambar di bawah ini adalah area kerja atau workspace pada adobe flash.
Workspace Adobe Flash CS6 |
baik saya akan jelaskan satu persatu bagian2 dari area kerja adobe flash itu sendiri
1. Stage
Stage |
Stage merupakan area atau kampas yang dapat anda gunakan untuk menggambar, meletakkan objek yang digunakan dalam pembuatan animasi.
2. Timeline
Timeline |
Timeline merupakan area yang digunakan untuk mengontrol animasi,
pada area ini terdapat 2 bagian yang disebelah kiri disebut layer,
sedangkan yang dikanannya adalah area frame.
Layer area |
Frame Area |
3. Panel Properties
Panel properties merupakan tempat untuk mengatur objek-objek yang digunakan pada pembuatan animasi, baik mengatur warna, mengatur teks, ukuran, dsb. Tampilan panel properties ini akan berubah isinya sesuai dengan objek yang dipilih. Berikut adalah contohnya.Dibawah ini adalah tampilan panel properties untuk pengaturan dokumen.
Panel Properties untuk Document |
Kemudian dibawah ini adalah tampilan panel properties untuk pengaturan objek gambar(bitmap)
Panel Properties untuk objek Bitmap |
4. Panel Library
Panel Library |
Panel library merupakan tempat menyimpan aset-aset yang digunakan pada pembuatan animasi seperti gambar, suara, video, simbol dsb. Panel library ini letaknya ada disebelah panel properties.
5. Toolbox
Toolbox |
Toolbox merupakan tempat kumpulan alat-alat yang nantinya anda gunakan untuk membuat animasi. Ada banyak tool atau alat yang dapat anda gunakan disini seperti untuk selecting(memilih objek), drawing(menggambar), coloring(mewarnai), ada untuk editing, dsb. toolbox ini letaknya ada di paling kanan.
6. Menu Bar
7. Other Panel
Other panel ini bukan istilah tapi sebutan yang saya buat, panel muncul
secara otomatis pada saat anda membuka flash pertamakali. Panel ini
dapat anda hilangkan atau anda tambahkan dengan cara memilih menu window
yang ada di menu bar lalu tinggal anda pilih panel-panel yang akan anda
tampilkan. Panel ini letaknya berada disebelah kanan panel properties.
Komentar
Posting Komentar